Jumat, 17 Februari 2012

Yang perlu diketahui jika ketemu flyback rusak ?

 
Kerusakan flyback umumnya disebabkan karena :
  • Faktor kualitas pembuatan
  • Faktor umur pemakaian sehingga kualitas bahan-bahannya mengalami degradasi.
 
Selain itu ada faktor lain yang dapat memicu kerusakan flyback, yaitu
  • ABL tidak berfungsi, sehingga gambar selalu bekerja pada kondisi britnes/kontras yang tinggi.
  • ABL normal, tetapi kontrol Kontras dan Britnes oleh konsumen  diseting pada level maksimum
Kedua hal tersebut diatas menyebabkan “kerja” flyback menjadi berat,  sehingga dapat menyebabkan cepat rusak. Oleh karena itu cek setingan kontras dan britnes. Informasikan ke konsumen mengenai resiko setingan pada maksimum.
 
Flybak rusak/akan rusak kadang dijumpai dapat menyebabkan part pada sirkit ABL rusak. Setelah penggantian flybak, mungkin akan muncul problem layar gelap. hal ini disebabkan ada salah satu resistor ABL yang terbakar (gosong), atau kapasitor ABL yang short.
Menjumpai ada resistor ABL atau kapasitor ABL yang rusak biasanya merupakan petunjuk kalau flyback rusak atau akan rusak.
  • Jika flybak rusak, maka resistor atau kapasitor jika diganti akan rusak terbakar lagi.
  • Jika resistor atau kapasitor  diganti dan pesawat dapat hidup normal, biasanya tidak lama lagi flyback akan menyusul rusak. Hal seperti ini perlu dijelaskan konsumen agar  suatu saat Anda tidak dikomplain oleh konsumen karena pesawat rusak lagi.
 
 
Lihat contoh skema gambar dibawah :
  • R422 atau R423 merupakan resistor ABL yang sering terbakar
  • C422 adalah kapasitor ABL yang sering short.
  • Keduanya menyebabkan raster gelap

clip_image002
 
 
****************************

Wednesday, August 10, 2011

Cara sederhana memeriksa flyback (FBT) rusak


Gejala flyback rusak antara lain adalah :
  • Tr horisontal diganti baru langsung jebol
  • Tegangan B+ drops
Sebenarnya ada beberapa macam alat yang dapat digunakan untuk memeriksa apakah flybak rusak. Lain kali akan kami tulis artikelnya.
Tetapi kami punya cara sederhana yang selalu kami lakukan untuk memastikan apakah flybak rusak atau masih bagus, sebelum mengganti transistor horisontal. Yang diperlukan hanyalah sebuah lampu dop 100watt yang diberi tambahan sambungan kabel sepanjang kurang lebih 25cm
Caranya adalah sebagai berikut.
  • Putus hubungan antara flyback dengan kolektor transistor horisontal-out. Dengan cara (a) Open kolektor dengan cara solderan disedot dari printed board, atau (b) Melepas kabel jumper kalau ada, atau (b) Memotong jalur prited.
  • Pasang ac volt-meter antara basis dengan ground transistor horisontal out.
  • Hidupkan pesawat sebentar saja – harus ada tegangan ac sekitar 1v. Hal ini dilakukan adalah untuk memastikan bahwa horisontal osilator dan horisontal driver sudah kerja.
  • Pasang lampu dop antara flyback dengan kolektor transistor horisontal (lampu diseri dengan kolektor).
  • Hidupkan pesawat sambil diukur secara bergantian tegangan heater, screen (VR screen maks).
  • Jika tidak ada tegangan berarti flyback rusak. Biasanya ditandai dengan lampu dop yang menyala agak terang.
  • Jika flyback masih bagus biasanya heater ada tegangan ac sekitar 1 hingga 2v, tegangan screen sekitar 150v. Biasanya ditandai dengan lampu dop yang menyala redup.
  • Pengukuran harus dilakukan dengan cepat, sebab kalau pesawat menggunakan sirkit protek – maka protek akan aktip bekerja.

******************************************

Friday, May 27, 2011

Hati-hati pasang flyback baru dari pasaran


Flyback yang dijual dipasaran umumnya bukan merupakan produk dari pabrik aslinya, tetapi merupakan produk dari suatu pabrik yang memporduksi berbagai macam tiruan part nomor flyback dari berbagai macam merk. Hal ini kadang dapat menimbulkan masalah jika kita tidak seksama dalam cara pemasangannya.
Ini adalah beberapa contoh kasus yang pernah diketemukan.
  • Gara-gara ganti flyback, maka heater CRT putus. Ternyata tegangan keluaran pin-heater saat diukur adalah 24v (ceritera rekan teknisi)
  • Kami sendiri kalau mengganti flyback, maka CRT soket selalu kami lepas dahulu. Kemudian pesawat coba dihidupkan dan selalu cek tegangan heater terlebih dahulu. Kalau tegangan sekitar 6v berarti aman. Suatu saat kami pernah mendapatkan tegangan heater keluarannya 12v. Masalah ini dapat kami koreksi dengan memasang tambahan sebuah resistor 12 ohm/2w secara seri dengan jalur heater
  • Tegangan 180v hanya 150v
  • Kami pernah menjumpai pin-tegangan (-)12v hanya keluar (-)8v sehingga menyebabkan problem pada bagian vertikal. Untungnya masalah ini dapat dikoreksi dengan menambah gulungan sendiri pada inti ferit. Hati-hati jika menambah gulungan, sebab kalau arah gulungan salah justru tegangan keluaran akan semakin drops.

************************************


Cak David - 27 May 2011 16:59

Aku juga pernah ketipu boss, tegangan 180 voltnya malah gak keluar alias gak sambung, untungnya pada tv china - jadi dapat kuambilkan dari sekunder smps-nya.

Aisy -  7 June 2011 22:55

hahahahaha.....saya juga pernah lo Pak Marsono! Ketipu sama FSV14Axxx abal-abal di pasaran, waktu di tes si IC vertikal langsung pecah kebul-kebul, setelah ukur sana ukur sini ternyata pin 24V yang seharusnya keluar 24V la kok malah keluar tegangan sebesar 115V, ya sudah terpaksa beli lagi ke toko yang lainnya hehehehe...........



Sunday, May 8, 2011

Lidah api (corona) menyembur keluar dari sekitar karet anode kop CRT

Tuesday, January 18, 2011

Kerusakan kabel tegangan tinggi dan kop tegangan tinggi.

Adalah cerita dari teknisi anymous (tanpa nama) yang mengirimkan email kepada kami.
Wahh..Bener2 lagi apes deh, saya minggu ini.........bagaimana tidak ?? Saya dapat garapan tv 29" polytron big beauty dengan penyakit lampu power kedap kedip dan speaker bagian kiri ada suara BLEK.....BLEKK. Saya cek ternyata ic sound TDA2050 bagian kanan short dan regulator diukur ternyata B+ 153v..ohh pantass. Setelah maintenance regulator dan ic sound diganti, tv pun dijajal 3 jam dan OK..!!
Nah..dari sinilah awal mula apes kecelakaan itu terjadi. Sebenarnya saya sudah tau kalo kop karet fbt udah kendor gak ngepress lg ke tabung dan ada suara desis serta bau khas dari fbt tapi tidak lamgsung saya ganti, gak sempet karen ada panggilan keluar.....pikir saya.....ah gampang nanti aja......tv pun dibiarkan terbuka tanpa casing dan saya matikan, udah beres ngejajalnya dan lalu saya tinggal pergi.
Pas pulang ke rumah saya langsung memasang casing tv dan tv pun saya coba hidupkan....dan yang terjadi adalah PLETAK –PLETEK -PESSS..tv langsung stand-by.......
Wahhh.....dasar bego.....ternyata saya lupa mengganti cop fbt....sehingga...api fbt dari kop loncat menghantam casing tv......dan saya langsung lemes......ternyata HBT-00-01 nya yg jebol...mahal lagi.....udah gitu ditambah 2 macam penyakit lain yg rumit sekali dan susah ketemu penyakitnya......seolah2 kena petir aja..sial aku...tv yg tadinya cuma 2 jam dah kelar sekarang jadi 2 minggu ngerjainnya.....ditambah lagi kebingungan masalah biaya spare part.
 
Ulasan kami untuk cerita diatas.
Kalau menurut pengalaman kami penyebab loncatan api bukan karena kop yang sudah bocor. Loncatan api berasal dari kabel tegangan tinggi yang sudah mengalami ”degradasi” atau penurunan kualitas sehingga tidak tahan tegangan tinggi lagi. Ketika rear cabinet (tutup belakang) dipasang kabel tegangan tinggi nempel atau terlalu dekat dengan cabinet sehingga terjadi loncatan api tersebut yang disertai suara pletek-pletek. Kabel tegangan tinggi (terutama 29 inch) yang mengalami degradasi kalau didekati tangan dapat menyebabkan kita kena sengatan listrik yang cukup kuat.
Untuk memeriksa kerusakan kabel tegangan tinggi dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :
  • Ambil kuas yang kering.
  • Buat agar ruangan menjadi gelap
  • Sapukan pelan-pelan kuas sepanjang kabel tegangan tinggi dan amati dengan seksama ujung kuas yang disapukan.
  • Jika kabel tegangan tinggi rusak, maka akan muncul corona.
Solusi yang dapat dilakukan antara lain adalah :
  • Mengganti kabel tegangan tinggi, tetapi hal ini agak sulit dilakukan.
  • Memberikan isolasi tambahan pada kabel tegangan.
  • Menggunakan slang plastik sedotan minum sebagai isolasi. Untuk memasukkan slang ini cukup sulit, tetapi dapat dibantu dengan memolesi kabel dengan sedikit oli.
  • Pastikan bahwa kabel tegangan tinggi tidak menempel atau terlalu dekat dengan tabung gambar, def yoke atau rear cabinet.


Apakah kop bocor dapat menyebabkan kerusakan ?
Pengalaman kami kop yang bocor dapat menyebabkan kerusakan. Ini terjadi pada teve china 14 ich dimana berulang kali selalu rusak transistor A1015 nya setelah dihidupkan beberapa jam. Setelah kami amati dengan seksama ternyata :
  • Kebocoran kop menyebabkan kadang terjadi loncatan api kearah kabel degausing yang melintang pada bagian sebelah atas kop.
  • Dan hal ini menyebabkan kerusakan part yang lokasinya dekat dengan konektor kabel degausing, dimana kebetulan ada transistor A1015,
  • Sebagai solusi maka kami lilitkan beberapa gulungan kabel engkel pada kabel digausing yang kena loncatan api tersebut. Ujung kabel tersebut lalu dihubungkan ke ground, dengan tujuan  agar kalau terjadi loncatan api, langsung lari ke ground lewat kabel ini.


*********************************

Friday, September 3, 2010

Memahami flyback (FBT) dan kerusakannya

Revisi 01 - Februari 2011


Memahami macam-macam kerusakan Flyback

 
001.  Nama lain untuk flyback adalah FBT (Flyback Transformer), HVT (High Voltage Transformer), LOPT (Line OutPut Transformer).
Tranfo flyback dipasang pada bagian horisontal-ouput yang utamanya berfungsi untuk menghasilkan tegangan tinggi untuk anode tabung gambar yang besarnya antara 20 hingga 30Kv ( tergantung dari besarnya ukuran layar). Disini pulsa horisontal saat retrace dimanfaatkan untuk menghasilkan induksi tegangan tinggi. Tegangan tinggi yang masih berbentuk pulsa-pulsa ini kemudian disearahkan menggunakan diode internal yang sudah terdapat didalam flyback. Sebagai filter tegangan tinggi digunakan lapisan aquadag tabung gambar, oleh karena itu tabung gambar kadang masih menyimpan tegangan jika pesawat dimatikan. Aquadag merupakan lapisan konduktor yang terdapat didalam dan diluar tabung yang membentuk semacam kapasitor tegangan tinggi dengan nilai beberapa ribu pF saja, dengan kaca tabung gambar itu sendiri sebagai isolator. Oleh karena itu lapisan luar tabung gambar harus selalu dihubungkan ke ground.
Flyback yang digunakan untuk tabung layar flat biasanya secara internal juga diberi tambahan elko filter tegangan tinggi dengan nilai sekitar 0.05uF.
Mendapatkan tegangan tinggi dengan flyback yang bekerja pada frekwensi tinggi, maka hanya dibutuhkan relatip sedikit jumlah lilitan saja, sehingga lebih ekonomis jika dibanding kalau menggunakan tranfo AC 50Hz untuk mendapatkan tegangan tinggi.
Kecuali itu flyback juga digunakan untuk menghasilkan tegangan-tegangan rendah lainnya seperti untuk bagian vertikal, heater, dan 180V untuk video driver. VR sebagai pembagi tegangan dipasang  secara internal  didalam flyback untuk mendapatkan tegangan Fokus dan Screen.


002  Flyback dengan Boost-up.
Pada pesawat model lama kadang dijumpai flyback dengan sirkit Boost-up. Fungsi sirkit boost-up adalah untuk menaikkan tegangan suply B+ menjadi tegangan yang lebih tinggi seperti misalnya menjadi dari 90 menjadi 115v untuk kolektor transistor HOT. Sirkit boost-up terdiri dari sebuah diode, bagian kumparan boost-up dan sebuah elko.


003. Gejala-gejala atau tanda-tanda yang disebabkan karena kerusakan flyback.
Ada macam-macam gejala yang ditunjukkan jika terjadi kerusakan flyback. Gejala yang mungkin terjadi antara lain adalah :
  • Transistor HOT panas akibat antar gulungan ada yang ssetengah hort
  • Transistor HOT rusak (Kolektor-Emitor short), jika diganti short lagi
  • Tegangan B+ drops akibat flyback menyedot arus terlalu banyak
  • Power suply protek dengan bunyi cit...cit...
  • Lampu indikator stand by nyala kedip-2  (protek)
  • Resistor pada sirkit ABL ada yang terbakar atau gosong.
  • Kapasitor 200V pada pin-ABL tranfo flyback short, kalau diganti short lagi
  • Terjadi loncatan api pada pin-pin dibawah flyback, pada kabel tegangan tinggi yang disertai suara pletek-pletek.
  • Timbul suara ngesessssss.....Kalau diamati pada tempat yang gelap akan nampak ada bagian tertentu yang menyemprotkan lidah api, misalnya pada anode cap, kabel tegangan tinggi, atau sambungan antara kabel dengan bodi flyback.
  • Periksa secara visual dengan seksama bodi flyback. Tanda-tanda seperti ada bagian yang menggelembung, ada benjolan, ada bagian yang retak,ada lubang kecil dan mengeluarkan semacam lelehan, ada bagian yang warnanya berubah menunjukkan tanda kerusakan flyback.
  • Raster mengembang sebagai akibat  kerusakan internal diode penyearah, yang mengakibatkan tegangan tinggi drops
  • Raster gelap atau gambar tidak fokus akibat kerusakan pada internal resistor pembagi tegangan.


004. Macam-macam jenis kerusakan yang terjadi pada FBT
  • Salah satu kumparan ada yang putus, hal ini sangat jarang sekali terjadi.
  • Kumparan primer antara pin-B+ dengan pin-kolektor short sehingga menyebabkan transistor HOR rusak.
  • Kerusakan flyback paling umum disebabkan karena faktor panas yang menyebabkan isolasi kawat email bagian tegangan tinggi isolasinya lama-lama rusak, sehingga meyebabkan terjadinya short antar gulungan. Bagian kawat email yang short lama kelamaan makin meluas dan menyebabkan timbulnya panas sehingga bodi flyback kadang terlihat menggelembung.
  • Bahan isolator setelah lama dipakai mengalami degradasi, sehingga terjadi kebocoran tegangan tinggi atau corona (arching). Biasanya mengeluarkan bau dan suara yang khas. Problem mudah diamati jika tempatnya gelap.
  • Anode cap atau kabel tegangan tinggi mengalami degradasi sehingga dapat menyebabkan terjadinya loncatan tegangan tinggi disertai suara pletek....pletek atau suara desis. 
  • Anode cap tidak lagi melekat dengan kuat pada tabung gambar, sehingga lidah api terlihat menyemprot pada bagian pinggir-pinggirnya. Anode cap yang rusak kalau diamati pada bagian dalamnya ada semacam garis goresan-goresan hitam yang diakibatkan terbakar oleh loncatan api.
  • Kerusakan pada bagian pembagi tegangan untuk Fokus dan Screen yang terdapat didalam flyback. Menyebabkan gambar tidak mau fokus atau tidak ada tegangan screen.
  • Kerusakan pada diode penyearah tegangan tinggi yang ada didalam flyback. Tegangan tinggi anode tidak ada atau drops. Raster mengembang (blooming) merupakan tanda bahwa tegangan tinggi drops
  • Beberapa tipe flyback ada yang mempunyai kapasitor filter pada bagian tegangan tinggi. Nilai kapasitor dapat diukur menggunakan kapasitor meter. Kapasitor ini kadang dijumpai rusak, short dengan ground yang dapat diketahui dengan ohm meter (posisi x 10K)
  • Inti ferit retak atau pecah. Dapat dipasang kembali bagian-bagian yang pecah dan tempelkan serapat mungkin.
  • Short antara gulungan primer dengan sekunder. Menyebabkan tegangan B+ short atau bocor ke ground.
  • Kerusakan karena cacat produksi atau cacat kualitas dapat terjadi pada flyback yang masih baru.
  • Kerusakan pada resistor pembagi tegangan pada sirkit kontrol fokus dan screen.


005. Tips untuk memastikan kerusakan flyback
Jika mencurigai ada kerusakan flyback, maka putus hubungan antara pin-flyback dengan kolektor HOT. Kemudian pasang secara seri antara pin-flyback dengan kolektor sebuah bola lampu 100w/220v.
  • Jika lampu menyala sangat terang dan diukur tidak keluar tegangan screen atau tegangan heater sama sekali, maka hal ini menunjukkan bahwa flyback rusak karena kumparan primer ada bagian yang short
  • Nyala lampu redup, tetapi tegangan screen atau heater atau fokus diukur tidak ada sama sekali. Maka hal ini menunjukkan kerusakan flyback pada short pada bagian tegangan tinggi.
  • Kalau semua ada tegangan keluar (walau hanya kecil), maka kemungkinan flyback tidak rusak


006. Yang perlu diperhatikan dalam mencari persamaan flyback atau modifikasi flyback :
  • Besarnya tegangan IC Vertikal out. Sistimnya single atau double
  • Besarnya tegangan B+
  • Apakah menggunakan Boost up
  • Periksa kebutuhan tegangan keluaran lain misalnya 40v, 24v, 16v.


007.  Resiko yang mungkin terjadi jika modifikasi flyback dengan tipe lain,
  • Tegangan heater berubah, bisa kurang - bisa lebih.  Jika tegangan heater kurang akan menyebabkan britnes gambar kurang (kecilkan nilai. Tegangan heater jika  bertambah besar akan menyebabkan umur pemakaian tabung gambar menjadi lebih pendek. Semuanya itu dapat dikoreksi  dengan modifikasi nilai resistor heater
  • Raster menjadi kurang penuh kiri-kanan. Hal ini dapat dikoreksi dengan menambah memasang kapasitor secara paralel  dengan kapasitor resonan yang lokasinya antara Kolektor-Gnd transistor HOT dengan nilai antara 102nF hingga 502 nF. Ingat kapasitor ini harus mempunyai tegangan kerja minimal 1.6Kv.
  • Tegangan keluaran berubah dan protektor aktip bekerja, disebabkan tegangan keluaran flyback berubah sedikit lebih besar. Dapat dikoreksi dengan merubah nilai resistor pada sirkit tegangan sampel protektor dari flyback.
  • OSD tidak keluar atau bergetar kedip-kedip. Dapat dikoreksi dengan merubah nilai resistor pada sirkit dari pin-H AFC ke mikrokontrol.


008.  Kontruksi inti ferit flyback terdiri dari 2 bagian dan mempunyai gap sambungan yang ukurannya kritis. Biasanya gap tersebut dipasang platik spacer tipis. Kembalikan spaser ini jika mengasembling kembali inti ferit flyback. Inti Ferit yang retak dapat diasembling kembali dengan catatan tidak ada bagian yang hilang, dan penyambungannya serapat mungkin jangan sampai menambah besarnya gap yang sudah ada.


009.  Flyback yang bocor mengeluarkan corona mungkin dapat diperbaiki dengan cara memberi sealer dari bahan silikon pada bagian yang bocor. Kalau dapat jauhkan bahan-bahan metal dari bagian yang bocor tersebut.

010. Kabel tegangan tinggi yang bocor dapat diperiksa dengan cara penyapuan menggunakan ujung kuas yang kering sepanjang kabel tersebut. Jika ada kebocoran akan tampak corona bunga api pada ujung-ujung kuas. Kerusakan dapat dikoreksi dengan memberikan isolasi tambahan.


011.  Beberapa hal yang baik untuk dipahami mengenai flyback.
  • Bagian kumparan tegangan tinggi menggunakan kawat yang halus serta membutuhkan teknik yang tinggi dalam cara menggulung. Oleh karena itu tidak perlu untuk mencoba merepair atau menggulung flyback yang rusak.
  • Diode tegangan tinggi terdiri dari serial banyak diode dan kerusakan tidak dapat diperiksa dengan ohm meter biasa.
  • Potensio atau VR fokus dan screen mempunyai nilai diatas 10 M. Oleh karena itu tidak dapat diperiksa dengan ohm meter biasa.


*******************************************************************

3 komentar: