Senin, 06 Februari 2012

cara kerja IC memory

Bagaimana Cara kerja IC MEMORY ?

Pada saat kita menghidupkan pesawat televisi ,maka IC program akan mengcopy (membaca) isi yang ada di IC memory misalnya vertikal berapa volumenya berapa ,chanelnya berapa dan seterusnya.Hal sebaliknya akantrans Tips Mengisi IC MEMORY EEPROM Tanpa Programmer dilakukan pada saat tv nya dimatikan Dimana data yng sudah berubah(DIRUBAH OLEH PENGGUNA) akan disimpan kedalam IC MEMORY .(writing)

Problem yang sering terjadi adalah pada saat proses writing kemudian tiba tiba listriknya mati ,maka hal ini dapat menyebabkan kan isi data dari IC memory ini rusak (data coruruption) wah ternyata bukan pejabat saja yang bisa korupsi ic memory juga bisa korupsi hee heee heeeeee……………………………………….

Apakah akibatnya kalau IC si memory melakukan korupsi ,tentunya pemerintahan akan kacau balau ,terjadi pemogokan dimana mana IC Stereo mogok ,Tuner juga ikut mogok ,dan para pejabat lain ikut mogok dan pemrintahan akan menyatakan darurat dengan menyalakan lampu led dan akan menyatakan kalau negara dalam keadaan error . Sorry bercanda soalnya baca nya serius banget sih ! hehe…..

Pada tv sharp kalau kerusakan di ic memori biasanya ditandai dengan TV nyala sebentar terus mati dengan lampu led blinking atau kedip.jumlah kedipan nya itu biasa nya menunjukan part yng tdk bekerja atau salah setting .

Coba anda bayangkan ketika pada saat melakukan setting tiba tiba kita lupa tdk mencatat nilai awal setting sebelum kita melakukan perubahan ,sehingga tv nya menjadi kacau.

TIPS berikut ini adalah bagaimana caranya menyeting ic memory agar kembali ke default ,atau ke posisi standard (standard setting ).

SPAREPARTS YANG HARUS DISIAPKAN ADALAH IC MEMORY YANG KOSONG ATAU YANG BARU BELI DITOKO !Kalau yang udah ada isi nya kadang tdk berhasil

Saya disini akan memberikan tips sederhana terutama untuk tv SHARP

Untuk TV sharp adalah dengan memasang IC MEMORY yang kosong pada chasis tv ,
Lalu jangan dulu menghidupkan tv nya .
Langkah selanjutnya adalah menshort kan jumper untuk service mode sebaiknya di solder saja kedua jumper nya ,untuk tv sharp seri wonder atau universe jumper nya ada dilokasi J122 dan J124
Nah baru setelah itu TV nya dihidupkan untuk pertama kali dengan IC memory yang baru(kosong)tunggu sebentar akan terjadi proses Writing .Hasilnya wooow seting default (seting standard nya) sudah terisi ,lalu kita tinggal melakukan adjustment untuk vertikal saja .
Setelah semua OK janga lupa solderan jumper nya di buka maning .
Bagai mana, anda mengerti

Untuk polytron Untuk mengembalikan ke posisi default mode adalah dengan cara seperti biasa masuk ke service mode Polytron

Standby dulu
Tekan dan tahan tombol menu yang ada di remote
Dan untuk mengembalikan ke setting default adalah 3101

Untuk merk SAMSUNG adalah dengan cara :

Standby dulu
Tekan dan tahan tombol menu yang ada di remote dengan kode ini
Akan mucul dilayar settingan Factory mode
Untuk mengembalikan ke setting default adalah dengan memilih opsi paling bawah yaitu RESET, ingat semua data akan tereset kembali seperti TV baru.
Selamat mencoba

Tips dan trik ini hanya berlaku untuk model tertentu yaitu SHARP wonder, Universe sedangkan untuk SAMSUNG hampir semua tipe bisa, telah dicoba di TV model 20W200,20U200,29UF200.Oya kerusakan lain yang mungkin disebabkan adjustmen service mode ini resiko ditanggung sendiri yah hehehe….

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar