Kamis, 08 Maret 2012

virus fb

virus fb

Menghilangkan Virus Facebook
oleh ditagiri pada 14 Maret 2011 pukul 10:07


Virus facebook? Memangnya facebook bisa kena virus?
Yang dimaksud virus disini aplikasi yang didevelop dengan maksud jahat dan tidak bertanggung jawab. Pernahkah sobat menggunakan aplikasi yang beriming-iming dapat melihat orang yang mengunjungi profil, gambar-gambar XXX, cerita guru yang jahat, dan berbagai aplikasi tidak jelas jelas lainnya? Awas! bisa-bisa itu virus!

Kali ini ditagiri akan membahas pencegahan virus facebook dan cara menghilangkannya

Ciri-ciri
Aplikasi facebook yang jahat biasanya sangat persuasif dengan tujuan yang
tidak konkrit.
Oh well, masih ingat kan di friendster sobat bisa melihat orang yang melihat-lihat profil kita? (uhuk, bila sobat pernah memakai friendster :D ). Di Facebook tidak ada cara mendapatkan hal tersebut loh. Mungkin karena rasa penasaran, jadi orang serta merta mengkliknya. Ckck..

Aplikasi yang berbahaya juga melakukan posting secara brutal kepada teman-teman yang ada di akun facebook tersebut. Biasanya berupa post ke wall dan memberikan link aplikasi tersebut untuk di sebarkan ke orang-orang berikutnya. Yang berbahaya link yang diberikan dapat berupa alamat website yang mengarah ke trojan, spyware, hingga pencurian password. Bahkan sekarang aplikasi jahat facebook ada yang bisa melakukan post di chat. Hati-hati saat membuka link

Pencegahan
Sebelum menggunakan aplikasi facebook, pastikan bahwa aplikasi tersebut valid dan dari developer terpercaya, sebagai contoh Zynga sudah tidak diragukan lagi ke-validan-nya.

Sebelum menggunakan aplikasi sobat bisa membuka page dari aplikasi tersebut. Biasanya alamat dari page aplikasi tersebut apps.facebook.com/namaaplikasinya Sobat bisa mengecek komentar-komentar di wall aplikasi tersebut. Apakah banyak yang merasa puas? Apakah banyak yang mengatakan HOAX?

Saat akan konfirmasi penggunaan aplikasi tersebut cek data-data yang akan digunakannya. Apakah akan menggunakan hak akses post dan wall? Apakah akan menggunakan list teman? Apakah akan menggunakan galeri foto? Perhatikan hal-hal tersebut dan apakah relevan dengan fungsi aplikasi itu sebenarnya. Sebagai contoh aplikasi kalkulator terasa janggal bila memerlukan akses foto.
<table align=center cellpadding=0 cellspacing=0 style="margin-left: auto; margin-right: auto; text-align: center;"><tbody><tr><td style="text-align: center;"></td></tr><tr><td style="text-align: center;">Sebelum memberi izin, cek apa saja data yang digunakan</td></tr></tbody></table>Tapi saya sudah menggunakan aplikasi tersebut?

Dan saatnya sobat menghilangkannya!





  1. Pada facebook, klik Account... Privacy Settings
  2. Di bagian kiri bawah, Apps, games and websites, klik Edit your settings
  3. Pada bagian aplikasi yang sobat gunakan (Apps you use), klik Edit Settings
  4. Cari nama aplikasi yang ingin dihentikan penggunaannya dan klik tanda x (silang) untuk menghapus aplikasi tersebut
Bila sobat tidak menemukan aplikasi yang dicari bisa juga dengan mengunjungi alamat aplikasi tersebut dan klik link untuk menghapuskan aplikasi tersebut


Semoga bermanfaat. Jadilah pengguna Facebook yang cerdas dan waspada! :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar